Selasa, 04 Agustus 2009

wwfuhh.. SABAR dung cuy ;)

SABAR adalah satu kata yang gampang untuk diucapkan TETAPI susah untuk dilakukan!!. Setuju ngga...?. SETUJUU!!! okeh lanjut...

Nah kata Sabar itu sendiri merupakan sebuah kata kerja. Jadi sabar itu dihasilkan dari usaha kita untuk mau menjadi sabar, bukan karena ditakdirkan untuk memang menjadi penyabar. Kalo menurut saya sih sangat sedikit sekali orang yang dilahirkan langsung menjadi orang yang sabar, kecuali tetangga sebelah rumah saya yang dari lahir memang sudah diberi nama SABAR SIMONTUTU oleh orang tuanya(maaf ya bang namanya diekspose;).

Si Bang Sabar ini pernah bercerita bahwa pada saat ibunya sedang mengejan, mengerang kesakitan, berteriak, dan menangis karena tidak kuasa menahan rasa sakit ketika sedang melakukan proses persalinan. Ayah bang Sabar yang biasa kita panggil Om Subur gembur ini terus menerus BERKALI-KALI berkata kepada istrinya, "sing SABAR ya bu..SABAR ya mah..tahan ya istriku..sing SABAR..SABAR..biar anak kita juga SABAR..sabar bu sabar..". Singkat cerita borojol lah si bayi merah ini dari rahim si ibu dan seketika itu juga si bayi diberi nama SABAR.

Salah satu Esensi dari kata SABAR itu sendiri adalah bisa menahan/mengelola hawa nafsu. Ada beberapa orang yang memang sudah terbiasa dengan SABAR, jadi ketika ada kejadian yang menggoda amarahnya dan membuat emosi jiwa, orang tersebut sudah terbiasa untuk SABAR karena mereka sudah mengetahui hal tersebut adalah ujian dari TUHAN dan ada "hadiah" yg sudah disediakan oleh-NYA apabila kita bisa melewati ujian tersebut.

Tetapi banyak juga orang yang masih mengalami kesulitan untuk menjadi SABAR. Seringkali orang yang tidak Sabar ini melihat situasi dari sisi negatifnya dan tidak membayangkan dampak yang bisa terjadi akibat ketidaksabarannya.

Pada kenyataannya, orang penyabar dan orang tidak sabar itu ibarat sebuah koin. Mereka akan selalu ada dan hidup berdampingan di dunia ini. Didalam situasi tertentu ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua tipe ini :

TIPE PENYABAR :
  1. Dalam pengambilan keputusan cenderung lama, banyak pertimbangan, dan cenderung dipengaruhi perasaan. Keputusannya lebih bersifat jangka panjang, sistematis, detil dan cenderung perfeksionis (contoh: SBY, kakek GEPETO yg menciptakan Pinokio, dan kak Seto)
  2. Saking sabarnya, mudah ketiduran di berbagai tempat (di kelas, di kantin, di angkutan umum. (contoh: ete, ikbal, angga bean, aldi, yahya) <-- "untuk kalangan terbatas"
  3. Sulit membedakan antara orang yang sabar dengan orang yg kurang mampu mengekspresikan emosi.
  4. Kata SABAR bisa dijadikan sebuah Nama Orang (seperti nama tetangga saya).
  5. Sikap sabar lebih disukai lingkungan
TIPE GA SABARAN :
  1. Cepat mengambil keputusan, berani mengambil risiko, praktis, tidak terlalu banyak pertimbangan, keputusannya lebih bersifat jangka pendek. Kurang sistematis dan kurang detil (contoh: J.K-Wiranto, Sangkuriang dalam legenda gunung tangkuban Perahu. Kalau saja yah si Sangkuriang teh waktu itu berhasil membuat gunung. Wah pasti bukan LEGENDA GUNUNG TANGKUBAN PERAHU lagi tuh namanya, bisa-bisa jadi "LEGENDA CINTA TERLARANG ANAK dan IBU")
  2. Mudah tersulut, terpancing, tergoda emosi ---> sering berkelahi.
  3. Tidak bisa dijadikan sebuah Nama Orang ( kayaknya belum pernah ada orang yang diberi nama "GA SABAR SIMATUPANG, atau TIDAK SABAR MARINGAN, atau ORA SABAR MARKONAH".

*TIPS and TRIK SUPAYA BISA LEBIH SABAR :
  • Deket-deket sama orang PENYABAR, biar "ketularan" sabar. Tapi klo si orang sabarnya sudah terinpeksi Virus H1N1 tipe Meksiko sih saya saranin jgn dideketin dulu yah..;)
  • Sisihkan waktu 10 menit untuk berdoa dan mengintrospeksi diri (jgn kelamaan,ntar ketiduran)
  • Sambil napas panjang beberapa kali secara teratur lewat mulut JANGAN lewat pantat!!, karena selain susah, bagian tersebut sudah diboking sama si KENTUT!!
  • Ketika sedang berhadapan dgn orang yang membuat kita tidak sabar, cobalah membayangkan dan menghayati apabila kita berada di posisi orang tersebut.
  • Latihlah Positive Thinking.

"i hope this article give you an insight"


* tokoh-tokoh di artikel ini hanya hasil rekayasa sajah
best regards
og4y_nigah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank u.. thats an honour 4 me